1. BERIMAN, BERTAKWA KEPADA TUHAN YME DAN BERAKHLAK MULIA
Pelajar Indonesia yang berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Ia memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari.
Elemen Kunci:
a. Akhlak beragama
b. Akhlak pribadi
c. Akhlak kepada manusia
d. Akhlak kepada alam
e. Akhlak bernegara
2. BERKEBINEKAAN GLOBAL
Pelajar Indonesia mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya
lain, sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya budaya baru yang positif dan tidak bertentangan dengan
budaya luhur bangsa.
Elemen Kunci:
a. Mengenal dan menghargai budaya
b. Kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama
c. Refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan
3. GOTONG ROYONG
Pelajar Indonesia memiliki kemampuan gotong-royong, yaitu kemampuan untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan suka rela
agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan.
Elemen Kunci:
a. Kolaborasi - Kepedulian – Berbagi
4. MANDIRI
Pelajar Indonesia merupakan pelajar mandiri, yaitu pelajar yaitu bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya.
Elemen Kunci:
a. Kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi
b. Regulasi diri
5. BERNALAR KRITIS
Pelajar yang bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara
berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya.
Elemen Kunci:
a. Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan
b. Menganalisasi dan mengevaluasi penalaran
c. Merefleksi pemikiran dan proses berfikir
d. Mengambil keputusan
6. KREATIF
Pelajar yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan bedampak.
a. Menghasilkan gagasan yang orisinal
b. Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal
0 Comments: