Model Pembelajaran Ada beberapa model pembelajaran yang layak untuk diaplikasikan dalam
pembelajaran abad 21. Namun menurut (Abdur Rohim, 2016) yang paling populer dan banyak di
implementasikan adalan model Pembelajaran Project Based Learning dan Inquiry Based Learning
1) PBL atau Pembelajaran Berbasis Proyek
Merupakan model belajar yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan
mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktivitas secara nyata.
Pembelajaran Berbasis Proyek dirancang untuk digunakan pada permasalahan komplek yang diperlukan
peserta didik dalam melakukan insvestigasi dan memahaminya. Melalui PBL, proses inquiry dimulai
dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik dalam
sebuah proyek kolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum. Pada saat
pertanyaan terjawab, secara langsung peserta didik dapat melihat berbagai elemen utama sekaligus
berbagai prinsip dalam sebuah disiplin yang sedang dikajinya.
PBL merupakan investigasi mendalam tentang sebuah topik dunia nyata, hal ini akan berharga bagi
atensi dan usaha peserta didik. Mengingat bahwa masing-masing peserta didik memiliki gaya belajar
yang berbeda, maka Pembelajaran Berbasis Proyek memberikan kesempatan kepada para peserta didik
untuk menggali konten (materi) dengan menggunakan berbagai cara yang bermakna bagi dirinya, dan
melakukan eksperimen secara kolaboratif. Pembelajaran Berbasis Proyek merupakan investigasi
mendalam tentang sebuah topik dunia nyata, hal ini akan berharga bagi atensi dan usaha peserta didik.
2) Inquiry Based Learning
Kata “Inquiry” berasal dari Bahasa Inggris yang berarti mengadakan penyelidikan, menanyakan
keterangan, melakukan pemeriksaan, inkuiri berarti pertanyaan atau pemeriksaan, penyelidikan. Di
dalam inquiry terdapat keterlibatkan siswa untuk menuju ke pemahaman. Lebih jauh disebutkan bahwa
keterlibatan dalam proses belajar akan berdampak pada perolehan keterampilan dan sikap yang
diperlukan untuk pemecahan masalah, yakni menemukan jawaban dari pertanyaan yang selanjutnya
digunakan untuk membangun pengetahuan baru bagi siswa. Inquiry didefiniskan sebagai usaha
menemukan kebenaran, informasi, atau pengetahuan dengan bertanya.
Seseorang melakukan proses inquiry dimulai ketika lahir sampai dengan ketika meninggal dunia. Proses
inquiry dimulai dengan mengumpulkan informasi dan data melalui pancaindera yakni penglihatan,
pendengaran, sentuhan, pencecapan, dan penciuman. Pendekatan IBL adalah suatu pendekatan yang
digunakan dan mengacu pada suatu cara untuk mempertanyakan, mencari pengetahuan (informasi), atau
mempelajari suatu gejala.
Pembelajaran dengan pendekatan IBL selalu mengusahakan agar siswa selalu aktif secara mental
maupun fisik. Materi yang disajikan guru bukan begitu saja diberitahukan dan diterima oleh siswa,
tetapi siswa diusahakan sedemikian rupa sehingga mereka memperoleh berbagai pengalaman dalam
rangka “menemukan sendiri” konsep-konsep yang direncanakan oleh guru. Inquiry based learning
adalah sebuah teknik mengajar di mana guru melibatkan siswa di dalam proses belajar melalui
penggunaan cara-cara bertanya, aktivitas problem solving, dan berpikir kritis. Hal ini akan memerlukan
banyak waktu dalam persiapannya. Inquiry based learning biasanya berupa kerja kolaboratif.
Kelas dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil. Setiap kelompok diberi sebuah pertanyaan atau
permasalahan yang akan mengarahkan semua anggota kelompok bekerja bersama mengembangkan
proyek berdasarkan pertanyaan tersebut untuk menemukan jawabannya. Karena inquiry-based learning
berbasis pertanyaan, maka guru harus menyiapkan pertanyaan yang bersifat terbuka sehingga siswa
dapat mengembangkan pikirannya. Siswa harus diberi kesempatan untuk mencoba menemukan sendiri
konsep yang diajarkan. Lebih dari itu, jika siswa juga diberi kesempatan untuk mengukur kemajuan
belajarnya sendiri, maka hal ini akan membantu mereka belajar.
Sumber :
Abdur Rohim, R. B. (2016). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DI ABAD 21. Universitas Negeri
Yogyakarta.
0 Comments: